Another Shot…

Ceritanya baru aja abis nonton film Eternal Sunshine of The Spotless Mind  yang gak sengaja nemu di situs streaming online gretongan gidu sangking gabutnya nyari tontonan.. (*gakmodal *yasori) daannn ternyata filmnya bagus juga ya.. oke aku spoiler dikit deh.. eh engga deng banyak aja deh.. lagi gatel nih.. silakan kesel netijen bhay! wkwkwk….

———————-

Jadiiii….kisahnya tentang Joel Barish (Jim Carrey) pemuda introvert dan Clementine Krucyznski (Kate Winslet), seorang gadis ekstrovert. Di film gak dibilangin dengan jelas sih, tapi kalau saya tebak si Joel itu Melankolis, sedangkan Clem itu Sanguin. Mereka berdua jatuh cinta, lalu menjalin hubungan. Awalnya hubungan mereka menyenangkan, opposites attract, setiap hari ada saja hal menarik yang bisa mereka temui dan pelajari satu sama lain. Joel pemikir, Clem kreatif. Joel puitis, Clem impulsif. Tapi di satu titik, hubungan mereka mulai tidak sehat.

Sampai suatu hari Clem si impulsif meledak. Dia merasa Joel telah merubahnya menjadi gadis yang tidak menyenangkan, dan dia tidak suka itu. Jadi Clem datang ke sebuah perusahaan bernama Lacuna Inc. yang memberikan jasa penghapusan memori. Dan Clem menghapus semua kenangannya tentang Joel.

(Iya emang agak hayal2 Science-Fiction getoh..)

Saat Joel tahu kalau Clem telah melupakannya, Joel betul-betul kecewa. Dia tidak menyangka bahwa Clem akan berbuat sejauh itu. Dia juga mendatangi Lacuna Inc. dan menyewa mereka untuk menghapus memorinya tentang Clem. Tim Lacuna Inc. datang ke apartemen Joel saat Joel sedang tidur dan mereka mulai melakukan penghapusan memori. Nah, alur filmnya sendiri sebagian besar tentang Joel yang meskipun tidak sadarkan diri, dia tahu bahwa memorinya sedang dihapus oleh tim Lacuna inc, dan oleh karenanya Joel harus menjalani kembali kenangan2nya bersama Clem, hanya untuk menyaksikan semua kenangan tersebut dihilangkan dengan paksa.

Di tengah2 proses penghapusan, Joel sadar bahwa dia tidak ingin melupakan Clem, tapi dia tidak bisa menghentikan proses penghapusan memori karena sudah terlanjur dalam pengaruh obat tidur. Jadilah Joel bersama kenangannya akan Clem setengah mati berusaha menghentikan penghapusan memori dengan caranya sendiri, salah satunya dengan mencoba bangun (gagal) dan mengalihkan memori otaknya pada kenangan masa kecil, masa dimana dia belum bertemu Clem. Tapi usahanya sia2, karena pada akhirnya Tim Lacuna Inc. berhasil menghapus semua memori soal Clem dari benak Joel.

Keesokan paginya, Joel terbangun di kamar apartemennya. Berangkat ke kantor tanpa teringat apapun. Saat menunggu kereta menuju kantor, dia tiba-tiba membatalkan niatnya untuk berangkat kerja dan pergi ke tempat lain, ke sebuah pantai di Montauk, tanpa alasan yang jelas. Di sana dia bertemu dengan seorang gadis berambut biru yang sangat ekstrovert. Mereka berkenalan, dan tidak terpisahkan sejak itu. Gadis itu Clem. Joel dan Clem saling tertarik lagi untuk kedua kalinya, di pantai Montauk, pantai tempat mereka dulu pertama kali bertemu.

Salah seorang pegawai Lacuna inc. merasa kalau perusahaannya melakukan perbuatan yang tidak manusiawi, maka dia mengirimkan semua rekaman kesaksian client sebelum memorinya dihapus. Saat Clem dan Joel tahu bahwa mereka dulu adalah sepasang kekasih, mereka berdua terkejut dan marah. Saat mereka akhirnya saling berhadapan untuk bicara, Joel menyatakan kalau dia tidak melihat Clem seperti apa yang dia bicarakan di rekaman tape Lacuna inc. Dia tidak merasa Clem membuatnya lelah, dan semua hal yang buruk. Tapi Clem berkata bahwa mungkin saat ini belum, tapi suatu hari dia akan merasa begitu. Sama seperti Clem yang suatu hari akan merasa bahwa Joel membosankan. Lalu Joel hanya mengangkat bahu dan berkata “okay”. Menandakan bahwa dia tidak keberatan, selama itu berarti dia bisa bersama Clem lagi.

———————— the end ————————-

 

abis deh ceritanya…  gimana? udah baper? udah kangen seseorang? atau nangis sampe semaput?

lengkapnya sih nonton aja yaa karena emosinya di cerita ini tuh dapet dan berasa aja menurutku keren.. dan yang paling kena dari film ini for me sih yaaaaa…….quotes2nya yang langsung nempel di kepala..

How happy is the blameless vestal’s lot!
The world forgetting, by the world forgot.
Eternal sunshine of the spotless mind!
Each pray’r accepted, and each wish resign’d

 

dan satu lagi… berhubung kusuka kopi ini menurutku quotes yg paling epic..

We met at the wrong time.
That’s what I keep telling myself anyway.
Maybe one day years from now,
we’ll meet in a coffee shop in a far away city somewhere
and we could give it another shot..

🖤

1 Comment

  1. Riki

    Mei 22, 2019 at 12:32 pm

    Setelah baca jadi mau cepat2 cari wifi untuk download. Makasih yang info spoiler yang udah kayak cerita pendek.

Leave a Reply